Rabu, 04 April 2012

JENIS-JENIS WEBSITE



Oke gan, saya baru newbe nie, mudah-mudahan posting saya kali ni bermanfaat.  Langsung saja menuju TKP mengenai berbabagai jenis website yang sekarang begitu banyak tersedia dilayanan internet.
A.  WEBSITE STATIS
Adalah jenis website yang mana si pengguna tidak bisa mengubah content dari website tersebut secara langsung menggunakan browser.
Jenis web ini menggunakan cient side script, yaitu script yang dapat dimengerti oleh komputer client saja. Seperti html, javascript,css, dan lain-lain aja pokoknya.







B.  WEBSITE DINAMIS
Dalam hal ini, interaksi yang terjadi antara pengguna dan client sangat kompleks.  Seseorang dapat mengubah isi konten dari halaman tertentu dengan menggunakan browser.
Cotohnya adalah forum-forum yang tersebar di internet, misalnya kaskus.us yang sangat populer di negara kita ini gan.
Beberapa website yang kini sedang trend pula d dunia maya antara lain sebagai berikut :

1. BASIC
 Website disediakan untuk publikasi informasi. Adapun informasi yang akan disediakan adalah beraneka ragam, mulai dari profil pribadi, hingga company profil. Fokus web ini adalah publikasi informasi.



2. SEARC ENGINE
Adalah situs yang menyediakan mesin pencari. Search engine secara otomatis akan mencari dan menyimpan data yang ada di internet. Dalam web jenis ini berbagai macam jenis domain berlomba-lomba untuk mendapat nilai pagerank yang tertinggi supaya web mereka mendapat posisi teratas di mesin pencari, contohnya mbah google dan bing.



3.  BLOG
Blog merupakan buku harian yang terpublis di internet. Seorang webmaster dapat mengelola blognya dengan bebas dan menuangkannya dalam bentuk tulisan. Dan banyak pula blog yang di jadikan sebagai peluang bisnis online yang kini mulai tersebar diinternet. Contohnya blog milik google yaitu blogspot.com yang kini saya gunakan, mumpung gratis, hahaaaha












4. NETWORKING/JEJARING SOSIAL
 
Dalam web jenis ini, situs yang menyediakan dan menampung member-member yang sudah mendaftar untuk membentuk suatu komunitas, mencari kenalan, teman dekat yang jauh maupun yang lainnya untuk selalu dapat berkomunikasi tanpa dibatasi jarak.
Contohnya facebook dan twitter








5. FORUM
Merupakan situs membership hampir serupa dengan JARSOS, tetapi tidak terfokus friend relationship atau berteman dan berkomunitas di internet, tetapi lebih terfokus terhadap suatu objek bahasan yang akan dijadikan bahan diskusi di internet. Adapun diskusi yang dimaksud adalah dalam bentuk tulisan Yang ditulis oleh member yang bersangkutan untuk mendapat solusi ataupun pendapat member lain dalam ruang diskusi yang sudah disediakan. Contohnya kaskus, yahoo answer, dan lain-lain pokoknya, kebanyakan kalo di bahas satu-satu.




6. NEWS

Adalah jenis web yang menyediakan bahan berita dan informasi terbaru yang terjadi disuatu tempat.
Banyak sekali jenis web ini, contohnya oke zone, detik, dan lain-lain dah.




7. GALERI
Adalah jenis web yang menyediakan fasilitas publikasi foto dan gambar secara online. Webmaster dapat meyimpan foto atau gambar yang diinginkan lalu dikategorikan dan dimenage setelah di publish.






8. MULTIMEDIA STREAMING

Web jenis ini menyediakan hiburan berupa video yang dapat kita tonton dan dengarkan atau pun video yang ingin kita upload dan kita publikasikan secara umum diinternet. Kita bisa melhat berbagai video streaming yang tersebar diberbagai belahan dunia.
Banyak sekali orang-orang di Indonesia yang terkenal gara-gara eksistensinya didunia web jenis ini. Seperti si abang Norman kamaru yang gayanya kaya orang india kesurupan di youtube ckckckck. Piss bang.




9. E-COMMERCE

Web jenis ini, merupakan jenis web yang menyediakan jasa perdagangan online yang di lakukan menggunakan jasa internet. Member yang telah mendaftar, dapat juga menawarkan dan menjual produknya sendiri. Ga usah pergi ketoko langsung, tinggal pesan di  internet, tunggu aja barangnya datang. Kalo ga datang lapor ke  
hansip 
    setempat. hahaa.
    Namun banyak pula situs-situs seperti ini yang selalu menipu membernya 
    untuk membeli produknya yang ga ada untungnya sama sekali. Kaya 
    smart mechine yang banyak dijual diberbagai situs.
   Contoh web jenis ini yang valid dan menjaga exsistensinya adalah E-bay, AMAZON. Diindonesia ada 
   juga yang terkenal. Contohnya aja TOKOBAGUS yang mulai berkembang.





10. E-LEARNING

Situs jenis ini menyediakan jasa pengajaran tertentu secara online melalui internet.pengajaran dilakukan dengan menggunakan berbagai macam media, seperti tulisan, gambar, video, hingga multimedia lainnya. Contohnya aja Asian Brain (kalo ga salah nulisnya J) yang udah ga asing lagi.. hahaha


Haduh cape ni gan ngetiknya, mana jari udah cape semalem jadi tukang pijit wkwkwk... dah dulu gan jangan lupa koment, supaya lebih baik posting yang akan datang. Ditunggu kunjungan selanjutnya. Makasih udah mau baca artikel ane gan.  
Bila tertarik baca artikel yang lain. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GUNAKAN KOMENTAR YANG BAIK. SUPAYA POSTING SELANJUTNYA LEBIH BAIK
TERIMA KASIH GAN